Mengetahui Penyebab Dan Gejala Beri – Beri



Mengetahui Penyebab Dan Gejala Beri – Beri


Dengan  mengetahui  penyebab beri beri anda dapat menghindari  faktor penyebabnya sehingga anda terhindar dari penyakit beri-beri. Sedangkan dengan mengetahui gejalanya, anda segera dapat melakukan pengobatan beri beri  sebelum kondisi bertambah parah. 

Penyakit beri-beri umumnya seperti kelumpuhan yang menyerang sensitifitas gerak tangan, kaki  dan tubuh, serta terjadi  pembengkakan di bagian kaki dan betis. Perlu  di ketahui  penyakit  beri - beri merupakan penyakit yang di timbulkan akibat  kekurangan   vitamin b1.  Hal ini terjadi  karena kurangnya asupan makanan yang mengandung  vitamin tersebut. 

Risiko anda akan meningkat terkena beri beri jika anda pecandu alkohol, cuci darah, perawatan  dialisis, diet rendah vitamin b1, penggunaan obat-obatan berlebihan dan operasi pengecilan lambung.



 Lalu  Apa Saja Gejala  Yang  Dapat  Di Timbulkan  Penyakit  Beri – Beri

Beri beri  basah dapat  menyerang  sistem kardiovaskular di  mana menunjukan  gejala yang patut di waspadai yaitu sebagai  berikut :

→Sesak Napas
  
Ketika beri-beri  basah  menyerang  sistem kardiovaskular maka akan menimbulkan gejala sesak  napas. Selain itu beri beri basah juga akan membuat paru paru  mengalami penumpukan cairan yang  membuat anda kesulitan bernapas.

 →Pembengkakan Pada  Kaki

Penderita beri beri maka akan menunjukan  gejala umum yaitu pembengkakan pada kaki. Hal ini  di sebabkan penyakit  beri beri basah menyerang otot polos pembuluh darah yang di pengaruhi oleh vena dan arteri rileks.  Dan kondisi  ini akan membuat kaki  terasa nyeri dan sakit.

 →Penurunan  Berat  Badan
  
Meski porsi makan anda tetap terjaga seperti biasa tetapi berat badan akan menurun drastis dan di iringi beberapa gejala seperti mudah  lelah, jantung  berdebar-debar, sesak napas anda perlu waspada bahwa keadaan tersebut adalah  gejal beri –beri.

 →Detak jantung lebih cepat

Gangguan kardiovaskular tentunya berkaitan erat dengan jantung yang membuat jantung berdebar debar yang di sebabkan  naiknya frekuensi detak jantung yang dapat  melemahakan  fungsi jantung  dan di sertai dengan keluarnya keringat dingin.

 →Sering  Merasa Lelah

Penderita beri beri basah biasanya akan mudah lebih  meski tidak memiliki aktifitas padat dan berat. Gejalanya hampir sama dengan penyakit jantung yaitu berdebar-debar dan mudah lelah.Terjadi cekungan pada pembengkakan itu bisa terjadi akibat kaki yang terlalu lama di gantung yang  membuat peredaran kurang lancar, namun jika pembengkakan betis tersebut  anda tekan lalu  menyebabakan  terjadinya cekungan yang cukup lama dan menimbulkan rasa nyeri maka anda harus memeriksakan keadaan lebih lanjut

→Beri Beri Kering

Pada jenis penyakit beri beri yang satu ini  biasa di sebut dengan beri beri kering yang menyerang sistem saraf memiliki gejala seperti berikut:
  
→Kesemutan

Beri beri jenisd ini akan  menyerang  sistem saraf bagian  perifer yang  memunculkan gejala kebas atau  kesemutan. Hal ini juga bisa di sebabakan  peredaran darah  yang kurang  lancar, Jadi anda perlu waspada  jika kesemutan terjadi lebih sering.

→Cadel

Kondisi ini bisa terjadi  akibat gangguan  pada saraf lidah yang  membuat anda kesulitan berbicara. Meski tidak ada gejala penyakit stroke tapi anda menjadi cadel hal itu merupakan  gejaal beri beri  yang perlu di waspadai.

→Kebingungan 

Kekurangan  viatamin B1 akan  mengganggu  sistem saraf otak yang  membuat sulit konsentrasi  dan menjadi bingung. Gejala kebingungan  ini bisa terjadi  kapan  saja dan di mana saja.
  
→Nistagimus

Nistagimus merupakan gangguan  pada mata yang membuat  otak sulit mengendalikan  gerakan mata  yang di sebabkan adanya saraf pada mata. Terjadinya nistagimus ini  merupakan  salah satu  gejala penyakit  beri beri.
  
→Cepat  Mara

Jika anda sering  marah atau mudah marah  bisa jadi  merupakan gejala penyakit beri – beri. Mudah marah terjadi akibat otak sulit mengendalikan emosi. Sehingga emosi sering  meningkat akibat  kekurangan vitamin b1 dan glukosa

Kram otot

Beri beri merupakan penyakit yang lebih  banyak  menyerang  bagian kaki. Salah satu gangguan yang sering  mengganggu kaki adalah kram otot akibat saraf primer yang terganggu.
 
→Kesulitan berjalan

Penyakit  beri –beri akan membuat betis menjadi bengkak, lemah otot, kram, dan terasa pegal, Maka semua gejala tersebut akan berpotensi menyulitkan pergerakan kaki atau sulit berjalan. Itulah beberapa  gejala yang terjadi pada beri beri  basah dan beri beri  kering, demikan informasi  singkat yang dapat kami sampaikan. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Benjolan Di Leher Waspada Pertanda Kanker Limfoma

Pantangan Makanan Radang Usus Besar